Forum Pengurangan Resiko Bencana Kalurahan Kemadang melaksanakan simulasi Evaluasi Bencana Tsunami

admin-n 26 April 2024 19:03:04 WIB

Kemadang (SIDA); Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang diperingati setiap tanggal 26 April, Forum Penanggulangan Bencana Kalurahan Kemadang melaksanakan simulasi evaluasi bencana Tsunami dengan mengusung tema TANGGAP, TANGGON, TRENGGINAS NGADEPI BEBAYA, simulasi evaluasi bencana Tsunami dilaksanakan di kawasan pantai Sepanjang, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

mengingat Kalurahan Kemadang berada dikawasan pesisir pantai selatan tidak menutup kemungkinan sewaktu - waktu terjadi bencana Tsunami, oleh karena itu simulasi evaluasi bencana Tsunami ini dianggap sangat penting. diharapkan dengan dilaksanakanya simulasi evaluasi bencana Tsunamai ini dapat mengedukasi warga masyarakat tentang hal apa saja yang perlu dilakukan masyarakat apabila terjadi bencana Tsunami. antusias warga masyarakat dalam mengikuti simulasi evaluasi bencana Tsunami sangat tinggi terlihat dari sejak mendengarkan arahan dan panduan dari petugas tentang hal apa saja yang perlu dilakukan masyarakat ketika terjadi bencana.

dalam simulasi digambarkan awal mula terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7,8 skala liter dan berpotensi Tsunami, warga masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan mencari tempat yang aman. meski begitu masih ada beberapa warga masyarakat yang mengalami luka cukup parah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gunungkidul (BPBD), TNI, Polisi dan tim SAR mulai melakukan pencarian terhadap korban, berdasarkan laporan yang diterima terdapat puluhan warga masyarakat yang mengalami luka cukup parah, korban yang berhasil dievakuasi lalu dibawa ketempat pengungsian dengan menggunakan mobil Ambulance.

simulasi bencana ini setidaknya melibatkan 100 personil baik dari warga masyarakat, TNI, Polisi, tim SAR dan tokoh masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung